Cara Mengatasi Defer Parsing of Javascript Untuk Mempercepat Loading Blog

Cara Mengatasi Defer Parsing of Javascript Untuk Mempercepat Loading Blog

Cara Mengatasi Defer Parsing of Javascript Untuk Mempercepat Loading Blog

Jika kalian menganalisis kecepatan blog menggunakan GTmetrik pasti kalian sudah tau apa itu Defer Parsing of Javascript. Yupp jika kalian liat, isinya penuh dengan kode javascript yang sangat memberatkan loading blog kalian seperti contohnya kode javascript iklan adsense, fanspage facebook, widget dan masih banyak yang lainnya.

GTmetrik tersebut menyarankan kepada kalian untuk menghapus atau memperbaiki kode yang telah ditampilkan di dalam masalah defer parsing of javascript.

Javascript merupakan salah satu script yang sangat memperatkan loading blog. Ciri-ciri kode javascript yaitu dengan ditandainya kode <script> dan berakhiran </script>. Perlu kalian ketahui jika script javascript berukuran 200kb, maka waktu pemuatannya kurang lebih sekitar 200ms atau sekitar 0.2 detik.

Jika kalian memiliki banyak widget, pasti didalamnya terdapat javascript yang ukurannya bisa mencapai 1mb atau lebih. Meski javascript bertujuan untuk mempercantik suatu tampilan blog, alangkah baiknya kalian meminimalisir kode javascript tersebut, supaya tidak memberikan loading blog kalian.

Jadi janganlah kalian sepelekan, kalian sebaiknya kurangi kode javascript tersebut supaya tidak memberatkan loading blog kalian. Karena kecepatan loading blog juga berpengaruh terhadap SEO blog.

Bagaimana sih cara mengatasi masalah tersebut ?

Cara mengatasinya tergolong sangat mudah, sebenarnya cara mengatasinya sangatlah banyak, namun saya hanya kasih tutorial yang singkat saja, karena tutorial tersebut sudah cukup untuk mengatasi masalah defer parsing of javascript. Jika kalian ingin mengatasi masalah tersebut maka simak langkah-langkah berikut ini :

1. Hapus widget fanspage facebook

Penggunaan widget fanspage facebook juga sangat memberatkan loading blog. Walaupun widget fanspage facebook juga berperan untuk SEO blog kalian. Tapi saya lebih memilih untuk menghapusnya karena widget tersebut sangat memberatkan loading blog. Ukuran javascriptnya pun bisa lebih dari 1mb, sekitar 1 detik waktu respons. Itu juga belum terhitung waktu untuk respons ke servernya.

2. Gunakan komentar bawaan blogger

Ternyata, komentar disqus juga mempengaruhi kecepatan loading blog kalian. Karena didalam komentar disqus terdapat kode javascript yang tersimpan didalamnya.

Jika kalian liat isi dari defer parsing of javascript, mungkin kalian akan melihat kode javascript dari komentar disqus tersebut. Walaupun tidak begitu berat dibandingkan widget fanspage facebook, tapi saya sarankan menggunakan komentar bawaan blogger saja.

3. Tambahkan atribut async pada kode javascript

Dengan menambahkan atribut async sangatlah ampuh untuk mengatasi masalah tersebut. Bukan hanya untuk mengatasi masalah defer parsing of javascript, melainkan juga dapat mengatasi masalah lainnya seperti render-blocking.

Jika cara diatas kurang berhasil, maka kalian bisa menggunakan cara ini untuk mengatasi masalah ini. Caranya tergolong sangat sangat mudah, kalian cukup menambahkan atribut async di javascript ekternal. Contoh kode javascript ekternal :

<script src='//ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/3.4.1/jquery.min.js'/>

Kalian tinggal tambahkan atribut async di dalam script javascript tersebut. Maka hasilnya akan seperti contoh dibawah ini :

<script async='async' src='//ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/3.4.1/jquery.min.js'/>

Kemudian kalian simpan template kemudian kalian cek kembali di GTmetrik.

Atribut async dapat menunda script javascript, jadi tidak salah loading blog menjadi lebih cepat.

Sampai disini dulu artikel saya kali ini. Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya. Untuk tutorial lainnya akan saya share di artikel selanjutnya. Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya:).
Show comments
Hide comments

3 Responses to "Cara Mengatasi Defer Parsing of Javascript Untuk Mempercepat Loading Blog"

  1. Info bermanfaat bang evtan, saya coba terapkan di blog saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okehh, semoga bermanfaat😁. Terima kasih sudah berkunjung.

      Delete
  2. Muter kemana-mana buat defer js di codeigniter gak ada yg berhasil. Akhirnya ketemu di sini dan solusinya simpel banget. Makasih banyak, bang. Sukses dan sehat selalu untuk abang sekeluarga.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copyright © BangEvtan All Right Reserved.
Redesign BY Evtan