Sistem Komputer: Pengertian dan Komponen-Komponen

Sistem Komputer: Pengertian dan Komponen-Komponen

Sistem Komputer: Pengertian dan Komponen-Komponen

BangEvtan - Hallo sahabat teknologi, kembali lagi dengan saya Admin Blog BangEvtan, di artikel kali ini Admin akan membahas tentang Sistem Komputer Beserta Komponennya. Mari kita simak pembahasannya berikut ini.

• Pengertian Sistem Komputer.




Sistem Komputer adalah kumpulan perangkat komputer yang saling berhubungan dan berinteraksi satu sama lain untuk melakukan proses pengolahan data, sehingga dapat menghasilkan informasi yang di inginkan oleh penggunanya atau Brainware. Didalam Sistem Komputer, terdapat 3 macam Komponen yaitu Hardware, Software dan Brainware.


• Komponen-Komponen yang Berada didalam Sistem Komputer.


a. Hardware.




Peralatan seperti kunci, rantai dan semua peralatan lain yang terbuat dari logam dan digunakan dalam proses mekanis seperti perbaikan atau perawatan dalam proses yang berurusan dengan mesin. Dengan hardware orang terkadang bingung antara hardware dan hardware komputer. Tetapi ada perbedaan yang sangat besar antara Hardware dan Hardware Komputer.

Apa itu hardware?
Semua komponen sistem komputer yang berwujud dan dimana input dapat diberikan seperti keyboard, mouse dan lain-lain atau output dapat diterima seperti monitor, printer dan lain-lain dikenal sebagai hardware. Komponen hardware sistem komputer ini sendiri tidak menghasilkan instruksi tetapi memproses instruksi yang dihasilkan oleh perangkat lunak atau pengguna.

hardware hanya sebagian dari kata perangkat keras, yaitu ketika kita mengatakan hardware komputer, yang kami maksudkan adalah perangkat keras yang digunakan dalam sistem komputer, tetapi jika kami mengatakan hanya perangkat keras, yang kami maksudkan adalah semua perangkat keras yang dapat digunakan di mesin apa pun.

hardware mencakup bagian-bagian berikut dalam sistem komputer seperti: keyboard, mouse, floppy drive, hard disk, CD Drive, printer, RAM dan lain-lain. Sistem komputer dengan hardware dan tanpa menggunakan perangkat lunak lebih sedikit hidup yang berarti sama artinya dengan kerangka tanpa kehidupan. Untuk membuat sistem perangkat lunak komputer, itu harus menggunakan perangkat keras. Perangkat lunak yang sangat mendasar yang diperlukan untuk membuat komputer bekerja dengan baik dan membuatnya untuk mendukung semua aktivitas pengguna dalam sistem operasi.

b. Software.




Software dapat diartikan sebagai perangkat lunak, jadi perangkat ini tidak memiliki bentuk fisik seperti hardware. Software bisa berupa program ataupun koneksi untuk menjalankan berbagai macam instruksi. Software juga digunakan untuk mengontrol perangkat keras. Software dibagi menjadi 3 macam, yaitu Sistem Operasi, Aplikasi dan Bahasa Pemograman.

1. Sistem Operasi.



Apa itu Sistem Operasi?
Sistem operasi dalam bahasa awam adalah perangkat lunak yang membawa kehidupan ke sistem komputer. Sistem operasi itu sendiri tidak melakukan apa pun tetapi menyediakan lingkungan di mana program perangkat lunak lain dapat menjalankan. Ini menyediakan antarmuka antara pengguna dan hardware. Ini mengarahkan pengguna untuk beroperasi di komputer. Ini memberikan pedoman kepada pengguna tentang cara bekerja di komputer. Sistem operasi adalah perangkat lunak yang membuat perangkat keras lain bekerja secara efisien. Sistem Operasi ini juga terdiri dari Perangkat Keras, Perangkat Lunak, dan Pengguna.

Bidang perangkat keras dan perangkat lunak juga telah menjadi karier bagi generasi baru dan memiliki prospek yang sangat luas di bidang ini. Orang-orang yang ingin mereka tetapkan sebagai insinyur perangkat keras atau perangkat lunak dapat menyelesaikan gelar atau diploma mereka dari lembaga terkenal dan memulai karir mereka dengan organisasi yang mapan atau jika mereka bersedia menjadi pengusaha, mereka dapat memulai perusahaan mereka sendiri yang bekerja di bidang ini.

2. Aplikasi



Aplikasi digunakan oleh pengguna komputer untuk membantu pekerjaannya dalam mengolah berbagai macam data. Pada sebuah komputer perangkat lunak ini sering diinstall sesuai dengan selera dan kebutuhan penggunanya. Misalnya seperti Microsoft Excel, Microsoft Word, Microsoft Access, Photoshop, Chrome, Mozilla dan lain-lain.

3. Bahasa Pemrograman



Bahasa Pemrograman merupakan bahasa yang biasanya digunakan oleh pengguna komputer untuk berkomunikasi dengan komputer ataupun untuk membuat website. Dapat dikatakan juga sebagai standar bahasa instruksi untuk memberikan perintah pada komputer. Beberapa contoh bahasa pemerograman diantaranya seperti PHP, Java, Python, C, Perl, elixir, CSS, HTML, Javascript dan lain-lain.

c. Brainware.




Brainware dapat di artikan ke dalam bahasa Indonesia yaitu Pengguna. Brainware adalah seseorang atau pengguna yang mengoprasikan atau menjalankan Sistem Komputer. Jika didalam suatu Sistem Komputer tidak ada Seseorang atau Pengguna yang Menjalankannya, maka otomatis tidak bakalan ada kehidupan didalam Sistem Komputer tersebut. Brainware juga salah satunya Perangkat yang dapat mengontrol Sofware Perangkat Lunak dan Hardware Perangkat Keras.

Mungkin cukup sekian pembahasan mengenai Sistem Komputer Beserta Komponennya. Sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat.
Show comments
Hide comments

0 Response to "Sistem Komputer: Pengertian dan Komponen-Komponen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copyright © BangEvtan All Right Reserved.
Redesign BY Evtan